Sabtu, 02 Juni 2012

Enzim pepsin dan Enzim Tripsin


Enzim Pepsin

Pada lambung terdapat bolus (bahan makanan berbentuk bulat). Yang sudah dicerna oleh enzim ptialin atau lipase, dan menghasilkan getah lambung (HCl, Renin, Pepsin) dengan aksi mengaduk pylorus. Pada lambung hasil akhirnya berupa proteose, peptone dan gula sederhana.
Lemak yang masuk ke lambung disertai dengan air ludah dan bolus dengan bantuan HCl yang menyebabkan kontraksi otot lambung. Pada kantong empedu dan pankreas (enzim lipase) menghasilkan asam lemak dan gliserol yang diabsorpsi oleh usus.

Pepsin merupakan enzim yang dikeluarkan dalam bentuk prekursor enzim berupa pepsinogen. Pepsin mampu mendegradasi protein makan menjadi ikatan peptida. Pepsin merupakan salah satu enzimyang efektif untuk memdegradasi protein di dalam pencernaan makanan. Dua enzim lain nya adalah krimotripsin dan tripsin.  Selama terjadi proses pencernaan makanan. Ketiga enzim tersebut saling bekerja sama untuk memecah protein makanan menjadi peptida dan asam amino. Enzim Pepsin  bekerja di dalam lambung ( pencernaan protein ) . pepsin bertugas  memcerna kolagen yang merupakan unsur utama penyambung intraseluler daging.
Selama proses pencernaan, protein akan diubah menjadi pepton dengan bantuan enzim pepsin di dalam lambung. Kemudian pepton akan diubah menjadi asam amino dengan bantuan enzim tripsin di dalam usus halus. Asam amino inilah yang akan diserap oleh tubuh. Sama seperti karbohidrat, setiap 1 gram protein dapat menghasilkan energi sebesar 17 kilojoule. Kekurangan protein dapat menyebabkan busung lapar.

Cara kerja enzim pepsin
Protein                     enzim pepsin                       pepton
Enzim pepsin di hasilkan oleh kelenjar lambung berupa pepsinogen.
Pepsinogen bereaksi dengan asam lambung menjadi pepsin.
Pepsin memecah molekul protein yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana yaitu pepton.
Molekul pepton perlu di pecah lagi agar dapat di angkut  oleh darah.



Enzim tripsin di hasilkan oleh kelenjar pankreas
Tripsin di alirkan ke dalam usus dua belas jari ( duedenum )
Molekul asam amino di angkut darah dan di bawa ke seluruh sel yang membutuhkan
Selanjutnya sel akan merakit kembali asam amino membentuk protein untuk bebrbagai kebutuhan sel
Pepton – enzim tripsin – asam amino

Enzim lipase di hasilkan oleh kelenjar pankreas
Enzim lipase juga dihasilkan oleh lambung, tetapi jumlah nya sangat sedikit
Molekul lipid tidak dapat diangkut oleh cairan getah bening, - perlu di pecah menjadi molekul yang lebih kecil
Enzim lipase memecah molekul lipid menjadi asam lemak dan gliserol
Asam lemak dan gliserol tidak larut dalam air
Pengangkutam asam lemak dan gliserol di lakukan oleh cairan getah bening ( limfe )
Lipid – enzim lipase – asam lemak +gliserol


1. PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang
 Suatu reaksi kimia, khususnya antara senyawa organik, yang dilakukan dalam laboratorium memerlukan suatu kondisi yang ditentukan oleh beberapa faktor seperti suhu, tekanan, waktu dan lainnya. Apabila salah satu kondisi tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dibutuhkan maka reaksi tidak dapat berlangsung dengan baik. Tubuh kita merupakan laboratorium yang sangat rumit, sebab didalamnya terjadi reaksi kimia yang beraneka ragam. Penguraian zat–zat yang terdapat dalam makanan kita, penggunaan hasil uraian untuk memperoleh energi, penggabungan kembali hasil uraian untuk membentuk persediaan makanan dalam tubuh atau in vivo tanpa memerlukan suhu tinggi dan dapat terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Reaksi atau proses kimia yang berlangsung dengan baik dalam tubuh kita ini dimungkinkan karena adanya katalis yang disebut enzim. Ada beberapa enzim diantaranya adalah enzim Amilase, enzim Sukrase, Lipase, Pepsin, dan enzim Tripsin. Enzim Tripsin diproduksi di pankreas dalam bentuk trypsinogen zymogen tidak aktif. Bila pankreas dirangsang oleh cholecystokinin, itu kemudian dikeluarkan ke dalam usus kecil. Setelah di usus kecil, mengaktifkan enzim enteropeptidase ke tripsin dengan pemutusan proteolitik. Para trypsins dihasilkan sendiri mengaktifkan trypsinogens lebih (autocatalysis), sehingga hanya sejumlah kecil enteropeptidase diperlukan untuk memulai reaksi. Mekanisme aktivasi adalah umum bagi sebagian besar protease serin, dan berfungsi untuk mencegah autodigestion pancreas. Enzim Tripsin disekresi ke dalam duodenum, di mana ia bertindak untuk menghidrolisis peptida menjadi balok kecil-bangunan mereka, yaitu asam amino (peptida ini adalah hasil dari enzim pepsin menguraikan protein dalam lambung). Hal ini memungkinkan penyerapan protein dalam makanan karena peptida (meskipun lebih kecil dari protein) terlalu besar untuk diserap melalui lapisan usus yang paling bawah. Tripsin mengkatalisis hidrolisis ikatan peptida. 

1.2 Rumusan Masalah
 · Apa pengertian enzim Tripsin?
 · Apa fungsi enzim Tripsin?
 · Bagaimana cara kerja enzim Tripsin?
 · Apa keuntungan dari Enzim Tripsin? 
· Apa akibat kekurangan enzim Tripsin? 

1.3 Tujuan Tujuan dari makalah ini adalah : 
· Untuk menjelaskan enzim Tripsin
 · Untuk menjelaskan fungsi dan cara kerja enzim Tripsin 
· Untuk menjelaskan keuntungan dari enzim Tripsin
 · Untuk menjelaskan akibat dari kekurangan enzim Tripsin 

1.4 Manfaat Manfaat dari makalah ini adalah : 
1. Agar mengetahui seluk beluk enzim Tripsin
 2. Agar mengetahui bagaimana cara kerja enzim Tripsin 
3. Agar mengetahui keuntungan dari enzim Tripsin
 4. Agar mengetahui akibat kekurangan enzim Tripsin

2. TINJAUAN PUSTAKA
 2.1 Pengertian Enzim Tripsin
 Tripsinogen merupakan enzim inaktif yang harus diaktifkan terlebih dahulu oleh enzim enterokinase yang dihasilkan oleh usus halus. Tripsinogen berubah menjadi tripsin yang aktif. Tripsin mengubah protein menjadi peptida dan asam amino (Almatsier, 2003). Tripsin adalah protease serina pankreas dengan substrat khusus 
rantai lysine dan arginin. Di manusia, enzim ini memproduksi enzim inaktif dari tripsinogen. Tripsinogen masuk usus kecil, biasanya melalui cairan empedu dimana tripsinogen diubah menjadi tripsin aktif (Alghamdi, 2010).

2.2 Fungsi Enzim Tripsin
 Fungsi enzim tripsin adalah mengubah protein menjadi bentuk yang lebih sederhana, seperti pepton dan asam amino. Enzim tripsi dihasilkan oleh kelenjar pankreas dan dialirkan ke usus 12 jari (duodenum) (Biologipedia, 2011). Selain itu fungsi enzim tripsin adalah untuk mengubah tripsinogen menjadi tripsin aktif dan menghidrolisis protein yang dihasilkan oleh pankreas (Poedjiadi, 2006). 

2.3 Cara Kerja Ezim Tripsin
 Asam amino memiliki molekul yang lebih sederhana dibandingkan molekul pepton. Molekul asam amino inilah yang diangkut darah dan dibawah keseluruh sel yang membutuhkan. Selanjutnya sel akan merakit kembali asam2 amino membentuk protein untuk berbagai kebutuhan sel. Tripsin bekerja atas protein dalam makanan dan membantu menyempernakan proses pencernaan makanan didalam lambung bersama dengan enzim pepsin yang dihasilkan oleh lambung (Biologipedia, 2011). 

2.4 Keuntungan Enzim Tripsin 
Manfaat enzim tripsin adalah untuk membuat vaksin meningitis dari pankreas babi dan yang berperan adalah enzim tripsin di dalam pankreas babi. Meskipun dari pankreas babi yang dalam ajaran islam diharamkan tapi untuk pengobatan, pankreas babi bisa dibuat vaksin yang biasanya untuk jamaah haji. Selain itu antitripsin adalah suatu jenis protein yang menghambat kerja enzim tripsin di dalam tubuh. Senyawa ini secara alami banyak terdapat dalam kacang-kacangan terutama kacang kedelai. Faktor anti gizi ini menyebabkan pertumbuhan tidak normal pada tikus percobaan yang diberi ransum kedelai mentah dan juga mengalami hipertrofi (pembengkakan) pankreas. Aktivitas anti tripsin dalam kedelai dapat dihilangkan dengan cara perendaman yang diikuti pemanasan. Pemanasan dapat dilakukan dengan perebusan,pengukusan atau dengan menggunakan autoklaf (Sectiocadavaris, 2011). 

2.5 Akibat Kekurangan Enzim Tripsin
 Tanpa bantuan enzim, semua bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh hanya sekedar numpang lewat. Enzim merupakan komponen penting yang diperlukan untuk proses pencernaan dan penyerapan makanan. Kini pemahaman masyarakat mengenai enzim pencernaan dan fungsinya masih sangat rendah. Umumnya masyarakat hanya mengaitkan masalah pencernaan dengan penyakit maag. Enzim bertanggung jawab menjaga kesehatan dan proses metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan enzim dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan pencernaan yang selanjutnya menyebabkan gangguan penyerapan (malabsorpsi). Gejala malabsorpsi adalah kembung pada perut, nafsu makan menurun, diare dan perut tidak nyaman. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah malabsosrpsi akibat kekurangan enzim adalah dengan mengkonsumsi suplemen enzim. Kekurangan enzim akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan pencernaan atau dalam istilah kedokteran disebut maldigesti, yang selanjutnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau malabsorbsi. Di sisi lain, kekurangan enzim juga akan mengakibatkan timbulnya gas yang berlebih di dalam sistem pencernaan, baik di lambung maupun usus halus dan usus besar (Almatsier, 2003). 

DAFTAR PUSTAKA 
Alghamdi, Amani. 2010. Trypsin Activity. http://amanialghamdi.wordpress.com/Trypsin-Activity/ Diakses pada tanggal 16 April 2011 Almatsier, 
Sunita. 2003. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia. Jakarta 
Biologipedia. 2011. Cara Kerja Enzim Tripsin. http://Biologipedia.wordpress.com/2011/03/28/cara-kerja-enzim-tripsin/ Diakses pada tanggal 10 April 2011 Poedjiadi, 
Anna. dan F.M. Titin Supriyanti. 2006. Dasar-Dasar Biokimia. Universitas Indonesia. Jakarta Sectiocadavaris. 2011. http://sectiocadaveris.wordpress.com/artikel-kedokteran/peran-enzim-dalam-metabolisme-dan-pemanfaatannya-di-bidang-diagnosis-dan-pengobatan/